Senin, 25 Maret 2019

NCP VIII: NCP dan NCN/NDN


Nama               : Ida Ayu Shinta Dewi Paramitha
NIM                 : 1605551003
Dosen              : I Putu Agus Eka Pratama ST., MT.
Mata Kuliah     : Network Centric Principles
Kampus           : Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana.


Pertemuan ini membahas mengenai Named Centric Network (NCN) atau Named Data Network (NDN) sebagai lanjutan dari pertemuan sebelumnya yang membahas mengenai ICN. Seperti yang diketahui bahwa jaringan kini penuh dengan konten, data, dan informasi, sehingga penggunaan NDN ini bertujuan sebagai arsitektur jaringan baru yang mampu menangani komunikasi point to point secara lebih baik, beserta dengan data dan penamaannya di dalamnya. Dengan NDN, pengguna tidak perlu mengetahui DNS mana yang menerjemahkan dari IP public ke host atau sebaliknya. Berikut gambaran dari NCN/NDN.

Gambar diatas merupakan penggambaran proses kerja NCN/NDN dalam jaringan internet yang berfokus pada keamanan konten di dalam jaringan tersebut sehingga konten yang diminta oleh pengguna bersifat reliable. Project NDN (https://named-data.net/project/) mempelajari tantangan teknis yang harus diatasi untuk memvalidasi NDN sebagai arsitektur jaringan (internet) masa depan dengan komunikasi yang bersifat scalable, caching otomatis, skalabilitas routing, fast forwarding, keamanan jaringan, serta perlindungan konten dan privasi.

Alur Paket Arsitektur NDN

Berbeda dengan arsitektur IP yang menggunakan alamat IP dalam melakukan pengiriman, NDN menggunakan named data dalam arsitekturnya. Komunikasi dalam NDN dikendalikan oleh ends receiving yaitu data consumer. Consumer dalam menerima data akan mengirimkan paket Interest yang membawa nama untuk mengidentifikasi potongan data yang dapat ditransmisikan dalam satu paket data. Router menyimpan semua interest dalam Pending Interest Table (PIT) dan akan mengingat antarmuka dari permintaan yang datang kemudian meneruskan paket Interest dengan melihat nama di FIB yang berisi kumpulan nama berbasis protokol routing. NDN FIB merekam informasi dari routing dan data plane sehingga dapat menyediakan adaptive forwarding untuk meneruskan Interest menuju data producer. Setelah Interest mencapai node N yang memiliki data yang diminta, node N akan mengembalikan paket data yang berisi nama dan konten ke consumer. Proses forwarding pada router NDN dapat mendeteksi kesalahan jaringan dengan mengamati lalu lintas dua arah dari paket Interest dan paket data, dan mencari beberapa alur alternatif tanpa loop. Mekanisme adaptive forwarding ini berbeda dengan IP mekanisme IP forwarding yang mengikuti satu jalan yang dipilih dari proses routing tanpa kemampuan adaptasinya sendiri.

Sumber:
Ahdan, Syaiful. 2016. Overview Keamanan pada Jaringan NDN. Bandung: Institut Teknologi Bandung.
I Putu Agus Eka Pratama. PPT NCP dan NCN/NDN.
UCLA REMAP. 2013. What is NDN?. Diakses dari https://named-data.net/2013/07/03/what-is-ndn/ pada 25 Maret 2019.
Yi, Cheng, Alexaner Afanasyev, Lan Wang. Adaptive Forwarding in Named Data Networking. Diakses dari https://named-data.net/publications/p62-yi/ pada 25 Maret 2019.

0 komentar:

Posting Komentar