Senin, 25 Maret 2019

NCP VI: Information Centric Network (ICN)


Nama               : Ida Ayu Shinta Dewi Paramitha
NIM                 : 1605551003
Dosen              : I Putu Agus Eka Pratama ST., MT.
Mata Kuliah     : Network Centric Principles
Kampus           : Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana.


Pertemuan ini membahas mengenai Information Centric Network (ICN) dan keterkaitannya dengan NCP. Seperti yang diketahui bahwa jaringan, terutama internet, yang sering digunakan kini penuh dengan konten, data, dan informasi dari berbagai layanan atau aplikasi. Solusi ICN dalam NCP ini muncul dari tingginya permintaan untuk tingkat skalabilitas yang tinggi dan efisiensi dalam distribusi konten atau informasi.

ICN sendiri merupakan suatu pendekatan dalam mengembangkan infrastruktur internet dari paradigma host-centric berdasarkan konektivitas abadi dan prinsip end-to-end, menjadi arsitektur jaringan yang berfokus pada informasi atau konten atau data. Konsep ICN fokus terhadap informasi itu sendiri, bukan lokasi penyimpanan informasi tersebut maupun representasi fisiknya. Konsep ini lebih lanjut disebut dengan Information Object (IO), yang mana setiap IO memiliki beberapa representasi berbeda dan kemudian akan muncul beberapa salinan yang berbeda dari setiap representasi tersebut untuk disimpan pada server, client node, atau cache. Berdasarkan hal tersebut, dapat diketahui bahwa sebuah IO mengacu pada kelompok dari semua representasi dan salinan dari informasi yang sama.


Gambar di atas menunjukkan garis besar pengertian ICN yang merupakan paradigma dengan fokus pada informasi. Terlihat bahwa dalam suatu jaringan akan ada koneksi, host, dan salinan dari suatu informasi, baik terpercaya atau tidak. ICN harus memastikan bahwa pengguna mendapatkan data, informasi, dan konten yang terpercaya dari penyedia yang terpercaya. Hal ini berkaitan dengan keamanan, privasi, dan kenyamanan. Untuk memastikan hal tersebut dapat dicapai, perlu diperhatikan beberapa hal, seperti memastikan keamanan dan otentikasi semua node dalam jaringan, memastikan penyedia layanan dan konten terpercaya, desain topologi jaringan, serta penamaan yang baik (DNS).

Terdapat beberapa pendekatan untuk Information Centric Network (ICN) ini, yaitu Content Centric Networking (CCN), Publish-Subscribe Internet Routing Paradigma (PSIRP), Network of Information (NetInf), dan Data-Oriented Network Architecture (DONA). Gambar berikut merupakan desain dari pendekatan NetInf.



Pada NetInf, IO (Information Object) dipublikasikan ke dalam jaringan dan terdaftar dalam NRS (Name Resolution Service). Ketika terdapat suatu request atau permintaan, router NetInf dapat meneruskan permintaan tersebut ke NRS untuk mendapatkan locators atau bisa juga langsung meneruskan permintaan tersebut ke pemilik IO, tergantung bagaimana router mengetahui letak IO tersebut. IO kemudian dikirim kembali ke peminta melalui rute yang sama dan akan disimpan atau disembunyikan dalam cache pada setiap node yang dilewati dalam rute tersebut.

Sumber:
Ahlgren, Bengt & Dannewitz, Christian & Imbrenda, Claudio & Kutscher, Dirk & Ohlman, Börje. (2012). A Survey of Information-Centric Networking. IEEE Communications Magazine - IEEE Commun. Mag.. 50. 26-36. 10.1109/MCOM.2012.6231276.
Alvarez, F., et al. (2012). The Future Internet: Future Internet Assembly 2012: From Promises to Reality, Springer Berlin Heidelberg.
I Putu Agus Eka Pratama. PPT NCP dan ICN.


0 komentar:

Posting Komentar