Minggu, 06 November 2016

Sistem Operasi Linux Ubuntu (Cara Install, Aplikasi, Jaringan Komputer)

Cara install Linux Ubuntu 14.04

Ubuntu merupakan salah satu distro Linux yang menurut saya sangat pas untuk pemula yang biasanya menggunakan windows dan ingin beralih ke Linux. Ubuntu memiliki dua versi yaitu versi Desktop dan Server. Berikut adalah install untuk versi Desktop-nya. Karena yang Server itu diperuntukan untuk keperluan server.
1.      Jika sebelumnya laptop sudah terinstall OS Windows, langkah pertama adalah membuat partisi agar laptop memiliki space untuk OS Linux
2.      Restart komputer dan colokan flashdisk yang memiliki installer Ubuntu
3.      Kemudian akan muncul tampilan seperti ini



4.      Setelah Ubuntu berjalan, akan muncul 2 pilihan seperti gambar di bawah. Pilih Install Ubuntu yang berarti kita siap untuk menginstal Ubuntu ke hardisk.



5.      Akan muncul tahap 2 dimana akan diberikan pilihan untuk connect dengan internet.



6.      Pada tahap 3 akan muncul tampilan seperti berikut. Centang pada kolom Install this third-party software. Lalu klik Continue.



7.      Muncul kolom Installation Type dan disediakan beberapa pilihan. Pilih Something else agar bisa mengatur partisi secara manual.



8.      Pada tahap selanjutnya, kita akan masuk ke bagian partisi. Buatlah partisi dengan space yang sesuai dengan laptop. Kemudian atur sebagai swap area.



9.      Akan muncul partisi baru seperti berikut.



10.  Pada kolom free space yang baru saja kita buat, kembali tekan pilihan create partition, dan atur sedemikian rupa seperti gambar berikut.



11.  Kolom partisi akan terlihat seperti ini. Kemudian pilih partisi yang baru saja kita buat dan klik Install Now.



12.  Setelah itu akan muncul kolom untuk memilih lokasi kita. Kemudian klik continue, lalu akan muncul keyboard layout. Klik continue.





13.  Pada tahap ini, isi sesuai dengan keinginan anda.



14.  Kemudian akan muncul tampilan seperti ini yang menandakan instalasi dimulai.



15.  Setelah instalasi selesai, restart komputer dan Ubuntu siap digunakan.
16.  Untuk langkah selanjutnya, anda bisa mengupdate Ubuntu dengan versi 16.04. Berikut adalah cara untuk update versi Ubuntu lewat terminal.
1.      Pastikan laptop terhubung dengan internet.
2.      Buka terminal dengan cara Ctrl+Alt+T
3.      Ketik kode seperti berikut:
sudo apt-get update
sudo apt-get upgrade
sudo apt-get dist-upgrade
sudo update-manager –d

4.      Setelah ada pemberitahuan bahwa update selesai, restart laptop anda. Selamat mencoba.

Aplikasi yang dapat dijalankan dengan Linux

1.      LibreOffice
Kategori : Perkantoran


LibreOffice adalah sebuah paket aplikasi perkantoran sumber terbuka dan bebas yang dikembangkan oleh The Document Foundation (TDF). Nama LibreOffice merupakan gabungan dari kata Libre (bahasa Spanyol dan Perancis yang berarti bebas) dan Office (bahasa Inggris yang berarti kantor).
Fitur unggulan:
·         Menyimpan dan membuka dokumen dengan format ODF (Open Document File)
·         Mengekspor dokumen ODF menjadi flat XML.
·         Import dokumen Microsoft Visio dan Microsoft Publisher.
·      Membuka dokumen *.docx. Docx adalah format dokumen standar untuk aplikasi Microsoft Office 2007 dan terbaru.
·         Menyimpan dokumen dalam format PDF.
·         Menambahkan Komentar dan Anotasi di Dokumen.
·         Aplikasi Remote Control untuk Presentasi.
·  Berkolaborasi melalui CMIS Protocol. Fitur terbaru yang memungkinkan pengguna berkolaborasi dengan pengguna lain dalam mengerjakan suatu dokumen secara online.

2.      Inkscape
Kategori : Desain grafis

Inkscape adalah sebuah perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat perangkat lunak bebas dibawah lisensi GNU GPL. Tujuan utama dari Inkscape adalah menjadi perangkat grafik mutakhir yang memenuhi standar XML, SVG, dan CSS.
Inkscape digunakan sebagai aplikasi desain grafis, sama seperti software Corel Draw, Adobe Illustrator dan lainnya, berbedanya Inkscape dengan Software lainnya adalah penggunaan SVG (Scalable Vector Graphics) yang sekarang memenuhi standar XML W3C.

3.      Firefox
Kategori : Internet
Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah peramban web lintas platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Mozilla Firefox digunakan sebagai media untuk berselancar di internet dengan banyak fitur bagi penggunanya.
Fitur – fitur yang di sediakan Mozilla Firefox misalnya penggunaan tab, pengecekan ejaan, pencarian, markah buku (bookmark), mengembalikan session, pengunduhan, dan private browsing. Firefox menerapkan beberapa standar web, termasuk HTML4 (juga sebagian HTML5), XML, XHTML, CSS, JavaScript, dan DOM. Di antara fitur populer Firefox adalah pemblokir pop-up yang sudah terpasang di dalamnya, dan sebuah mekanisme pengembangan (extension) untuk menambah fungsionalitas tambahan.

4.      Code::Blocks
Kategori : Pemrograman

Code::Blocks adalah suatu program lingkungan pengembangan terpadu bebas, nirlaba, bersumber terbuka dan lintas platform. Program yang ditulis dalam C++ beserta wxWidgets untuk GUI-nya ini bisa digunakan bersama dengan berbagai macam kompilator, contohnya GCC dan Visual C++.
Code:Blocks digunakan untuk membuat program yang nantinya digunakan bersama dengan banyak kompilator, contohnya MinGW (GCC untuk Windows), Digital Mars, Visual C++, Borland C++, LLVM Clang, Watcom, LCC, dan Intel C++ Compiler. Walau sebenarnya lebih untuk C++, masih ada terdapat juga kompilator untuk bahasa pemrograman selain C++, contohnya GNU Fortran, Digital Mars D, dan GNU GDC. Dengan sistem "plugin"-nya Code::Blocks, kegunaan untuk bahasa-bahasa lainnya juga bisa turut dipasang.

5.      Tux Math
Kategori : Pendidikan

Tux Math atau Tux of Math Command, merupakan salah satu software opensource yang dibuat oleh proyek Tux4Kids. Tux Math menyajikan metode pengajaran operasi hitung matematika dalam bentuk permainan ketangkasan (arcade). Tux Math sangat cocok digunakan untuk melatih kemampuan berhitung anak-anak tingkat sekolah dasar, namun demikian remaja atau orang dewasa pun dapat menggunakannya untuk melatih keterampilan berhitung mereka atau hanya untuk sekedar bersenang-senang.


Jaringan Komputer

1.      PING


PING merupakan salah satu program utilitas yang digunakan untuk mengecek komunikasi antar komputer dalam sebuah jaringan melalui protokol TCP/IP. Dengan menggunakan utilitas ini, dapat diuji apakah sebuah komputer terhubung dengan komputer lainnya. PING akan mengirimkan Internet Control Message Protocol (ICMP) Echo Request messages pada ip address komputer yang dituju dan meminta respons dari komputer tersebut.

2.      Wireshark


Wireshark adalah penganalisis paket gratis dan sumber terbuka. Perangkat ini digunakan untuk pemecahan masalah jaringan, analisis, perangkat lunak dan pengembangan protokol komunikasi, dan pendidikan. Awalnya bernama Ethereal, pada Mei 2006 proyek ini berganti nama menjadi Wireshark karena masalah merek dagang.

3.      IPTraf


IPTraf adalah monitor LAN yang ringan tetapi powerful. Ia mempunyai interfacencurses dan jalan di sebuah command shell. IPTraf memerlukan waktu untuk mengukur trafik yang diamati, dan lalu menampilkan berbagai statistik jaringan termasuk koneksi TCPdan UDP, ICMP dan informasi OSPF, arus trafik, IP checksum kesalahan, dan lebih banyak lagi. Sederhana untuk menggunakan program yang memakai sumber daya sistem minimal. Biarpun tidak menyimpan data sejarah, ia sangat berguna karena menampilkan laporan penggunaan seketika itu juga.

0 komentar:

Posting Komentar