Minggu, 13 November 2016

Review Wattpad


Jika anda adalah orang yang hobi menulis atau membaca dapat mencoba menggunakan aplikasi Wattpad yang menyediakan ruang untuk membaca dan menulis novel, cerita pendek, tulisan singkat, dan lainnya. Kali ini, saya akan membahas mengenai Wattpad beserta apa saja yang bisa ditemukan pada aplikasi ini.
Wattpad adalah layanan situs web dan aplikasi smartphone asal Toronto, Kanada, yang memungkinkan penggunanya untuk membaca ataupun mengirimkan karya dalam bentuk artikel, cerita pendek, novel, puisi, atau sejenisnya. Wattpad diluncurkan pada tahun 2006 oleh Allen Lau dan Ivan Yuen. Sebagian besar pengguna Wattpad berasal dari Amerika Serikat; kemudian diikuti oleh Britania Raya, Kanada, Filipina, Australia, Rusia, Uni Emirat Arab, dan negara lainnya.
Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis pada Google Play ataupun Apple iTunes. Pengguna Wattpad dapat membaca tanpa harus memiliki akun, namun bacaan tidak akan ditampilkan sepenuhnya. Maka dari itu, diperlukan untuk membuat akun pada Wattpad, karena selain dapat membaca secara gratis, pengguna juga bisa menulis dalam bentuk apapun serta menggunakan fitus lainnya yang disediakan oleh Wattpad.

Tentang Wattpad



Pengguna Wattpad dapat juga log in dengan akun Facebook, Google+, atau dengan membuat akun Wattpad sendiri. Setelah log in, anda akan dibawa menuju Home. Akan ada beberapa menu, seperti : Discover, Create, Community, dan Profile, serta search bar.
Pada menu discover, disediakan beberapa macam genre tulisan yang mungkin menarik minat anda. Dalam setiap genre akan diberikan pilihan lagi, yaitu: Hot, Featured, dan Undiscovered. Tersedia banyak cerita atau tulisan dilengkapi dengan judul, cover, dan penulisnya.
Menu Create yaitu menu bagi pengguna untuk menulis tulisannya sendiri dan mempublikasikannya pada Wattpad agar dapat dibaca orang lain. Anda dapat dengan bebas menulis pada kolom tersebut disertai dengan cover tulisan agar terlihat lebih menarik. Anda juga dapat memberikan sedikit deskripsi menarik di bagian awal agar pembaca tertarik untuk membuka tulisan anda.
Menu Community dimaksudkan untuk kemudahan para pengguna berkomunikasi, layaknya sebuah forum. Di sana akan tersebar informasi – informasi mengenai cerita baru atau Awards yang diadakan oleh Wattpad.
Search Bar digunakan untuk mencari tulisan yang ingin dibaca dimana ia akan mengecek tag dari setiap kata kemudian menampilkan tulisan yang berisikan tag yang sama.
Pada bagian Profile, pengguna dapat mengatur sendiri foto profil dan cover profilnya. Wattpad memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk saling mengikuti satu sama lain. Pengguna juga dapat menuliskan beberapa deskripsi tentang dirinya. Profile akan menunjukan jumlah tulisan yang telah dibuat, banyaknya bacaan, dan pengikut. Terdapat juga Reading List yang menunjukkan tulisan – tulisan yang Anda telah baca sebelumnya. Selain itu, ada kolom Library yang menjadi tempat untuk menyimpan tulisan yang belum selesai dibaca atau sekedar hanya ingin menyimpannya.
Wattpad juga menyediakan menu notification baik pada web atau pada aplikasi smartphone, dimana pada kolom ini akan ditampilkan pemberitahuan baru, seperti pembaharuan tulisan yang Anda simpan di Library.
Wattpad juga memungkinkan pengguna untuk menyebarkan luaskan tulisan ke media sosial lainnya sehingga tulisannya dapat dibaca oleh banyak orang. Pengguna dapat melihat viewers dan likers dari sebuah tulisan, dan apabila terhitung banyak akan masuk pada kolom rekomendasi.
Wattpad sangat diminati oleh penggemar novel karena dapat dibaca secara gratis dan mudah digunakan. Aplikasi ini juga secara tidak langsung dapat membangkitkan percaya diri dan sifat sosial seperti layaknya dampak positif media sosial lainnya.

Sekian sekilas review tentang Wattpad.

0 komentar:

Posting Komentar