Minggu, 10 Februari 2019

NCP Part I : Pengenalan Network Centric Principles (NCP)


Nama               : Ida Ayu Shinta Dewi Paramitha
NIM                 : 1605551003
Dosen              : I Putu Agus Eka Pratama ST., MT.
Mata Kuliah     : Network Centric Principles
Kampus           : Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana.


Apa yang dimaksud dengan Network Centric Principle?

Membahas topik Network Centric Principle ini tidak terlepas dari hal-hal yang berkaitan dengan jaringan komputer, seperti data, informasi, komuniksasi, konten, protokol, dan lainnya. Network Centric Principle itu sendiri merupakan prinsip atau konsep yang berbasis jaringan dengan skala yang lebih luas, yang meliputi infrastruktur, sistem, proses, dan pengguna, untuk penanganan proses di sisi bisnis, kesehatan, pendidikan, hingga militer. Selain mengantar konsep-konsep pada jaringan komputer, NCP terfokus pada keamanan dari 2 hal, yaitu data dan informasi. Jadi, pemanfaatan NCP diharapkan dapat menyediakan sistem yang mengamankan data dan informasi, namun tetap memberikan kenyamanan bagi pengguna internet mengingat keamanan dan kenyamanan selalu berbanding terbalik.

Seperti yang diketahui bahwa internet kini sudah meliputi jaringan luas yang dapat menghubungkan antar negara. Hal ini memberikan dampak positif dan negatif, terutama dalam hal keamanan data dan informasi. NCP sendiri sudah diterapkan untuk penanganan proses di berbagai bidang, salah satunya bidang militer. Penerapan NCP pada bidang militer ini dapat dimanfaatkan untuk mengambil data dan informasi penyerangan, seperti penggunaan teknologi jaringan, salah satunya sensor dari IOT atau WSN.

Layer pada Net Centric


Sama halnya dengan OSI layer maupun TCP/IP layer, Net Centric memiliki 5 layer atau lapisan yang mana lapisan terbawah mengarah pada bagian teknis. Pembagian lapisan pada Net Centric ini bertujuan untuk mengetahui proses dan protokol serta aplikasi pada setiap lapisan. Berikut merupakan layer dari Net Centric dari bawah ke atas.
Foundation
Lapisan terbawah Net Centric ini memberikan definisi dan petunjuk penggunaan NCP. Lapisan ini yang memberikan arah tujuan dalam penggunaan NCP.
Communication
Apabila layer pertama telah ditentukan dengan jelas mengenai arah penggunaan NCP, selanjutnya dapat ditentukan komunikasi yang ingin dilakukan. Adapun komunikasi dapat berupa teleports, TCS, RF Nets, GIG-BE, Wireless Communications, atau Commercial Fiber.
Computing
Layer ketiga adalah computing atau komputasi, yang mana layer ini berkaitan dengan komputasi data, seperti resource atau sumber daya komputasi, software, dan hardware.
Application
Layer keempat adalah application yang berkaitan dengan pengembangan software atau business application, yang mana pada layer ini ditentukan aplikasi apa saja yang dibutuhkan dalam menjalankan proses berdasarkan ketiga layer sebelumnya.
Capabilities
Layer kelima atau layer teratas merupakan capabilities yang memberdayakan semua layer di bawahnya.

NCP dan Interoperabilitas
Berbicara mengenai keamanan data, di dalam NCP terdapat keamanan data yang berhubungan dengan integritas data yang memiliki beberapa aspek, yaitu: data mudah diperoleh (visibility), mudah diakses (accessible), dapat dimanajemen, mudah dipahami, berasal dari sumber terpercaya, memiliki interopabilitas tinggi, dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Penerapan NCP harus mampu memenuhi kebutuhan interopabilitas yang tinggi, yang artinya memiliki dukungan dan berjalan baik pada sebanyak mungkin sistem operasi, device, aplikasi, atau platform. Interopabilitas tinggi memungkinkan NCP diterapkan pada SOA (Service Oriented Architecture), Net Centric Computation, dan teknologi jaringan lainnya.


0 komentar:

Posting Komentar