Senin, 18 Februari 2019

NCP III : Network Centric Operations Industry Consortium (NCOIC)


Nama               : Ida Ayu Shinta Dewi Paramitha
NIM                 : 1605551003
Dosen              : I Putu Agus Eka Pratama ST., MT.
Mata Kuliah     : Network Centric Principles
Kampus           : Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana.


Setelah membahas mengenai pengantar NCP, artikel ini akan membahas mengenai wadah atau organisasi yang mengatur tentang NCP, yaitu NCOIC atau Network Centric Operations Industry Consortium. Seperti yang telah diketahui bahwa kini net centric telah berkembang pesat dan dimanfaatkan dalam berbagai bidang, seperti bidang militer, pemerintahaan, hingga perusahaan atau organisasi besar lainnya. Maka dari itu dibentuklah suatu wadah atau standar penggunaan mengenai NCP, yaitu NCOIC (www.ncoic.org)

NCOIC merupakan organisasi konsorsium internasional yang fokus terhadap pengembangan dan pemanfaatan NCP di dunia. Badan ini dibentuk sebagai wadah komunikasi antara pengguna, vendor, maupun stakeholder lainnya yang berperan dalam implementasi NCP. NCOIC juga mengatur mengenai standarisasi, regulasi, serta protokol-protokol yang mendukung penggunaan NCP.

Tujuan dibentuknya NCOIC ini adalah untuk meningkatkan pertukaran informasi antar komunitas atau kelompok, serta meningkatkan produktivitas, interaksi, keamanan, dan kenyamanan dalam pengembangan dan pemanfaatan network centric.

Bagan NCP dan NCOIC


Bagan di atas merupakan ilustrasi dari alur NCOIC yang bisa terjadi berbeda-beda di tiap perusahaan. Terlihat pada bagan tersebut alur NCOIC terdiri dari principles, requirements, architecture, design, build dan integration, dan diakhiri dengan test dan evaluation.

Prinsip NCP dan NCOIC
Terdapat 5 prinsip penggunaan NCP dalam NCOIC, antara lain sebagai berikut.
1. Dinamis – Semua entitas di dalam NCP harus mampu mendukung environment dan behaviour yang dinamis.
2. Global – Penerapan NCP harusnya bersifat global yang tidak dibatasi platform, sistem operasi, aplikasi, maupun device.
3. Eksplisit – Semua informasi yang ditampilkan bersifat eksplisit atau jelas sehingga mudah dipahami.
4. Simetrik – Relasi dan entitas bersifat simetris dari sisi struktur yang mana entitas dari organisasi harus saling terhubung.
5. Entitas – Setiap entitas dalam organisasi memiliki identitas atau pengenal yang berbeda sehingga bersifat unik.

0 komentar:

Posting Komentar