Rabu, 11 April 2018

Pertemuan VIII: Kernel dan Kernel Linux

Nama               : Ida Ayu Shinta Dewi Paramitha
NIM                 : 1605551003
Dosen              : I Putu Agus Eka Pratama ST., MT.
Mata Kuliah     : Network Operating System
Kampus           : Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana.

Pertemuan ke-8 membahas mengenai kernel secara umum pada semua OS dan NOS serta kernel Linux dan peranannya pada NOS dan teknologi terkini. Selain itu, akan dilakukan praktek sederhana untuk mempelajari sumber kode Kernel Linux Versi Awal (1991).
 Kernel merupakan inti dari sistem operasi yang memuat utilitas, fungsi-fungsi dasar, dan kemampuan utama sebuah OS/NOS secara umum. Kernel ada pada semua sistem operasi apapun dan ditulis dengan Bahasa pemrograman. Pada kebanyakan sistem, kernel merupakan salah satu dari program yang dijalankan dalam urutan pertama saat komputer dinyalakan.

Selain itu, kernel juga menangani perangkat kerja lain seperti memori, keyboardmouse, monitor, printer, speaker, serta perangkat-perangkat lainnya. Karena akses terhadap perangkat keras terbatas, sedangkan ada lebih dari satu program yang harus dilayani dalam waktu yang bersamaan, maka kernel juga bertugas untuk mengatur kapan dan berapa lama suatu program dapat menggunakan satu bagian perangkat keras tersebut. Hal tersebut dinamakan sebagai multiplexing.

Kernel Linux
Sama seperti pengertian kernel secara umum, kernel Linux merupakan kernel atau inti dari sistem operasi Linux. Kernel Linux digunakan dalam sistem operasi GNU/Linux dan merupakan turunan dari keluarga sistem operasi UNIX, dirilis dengan menggunakan lisensi GNU General Public License (GPL), dan dikembangkan oleh pemrogram di seluruh dunia. Kernel ini diciptakan oleh Linus Torvald pada 1991.

Kernel Linux dirilis di bawah Lisensi Publik Umum GNU versi 2 (GPLv2), dengan bermacam-macam Firmware dengan lisensi tidak gratis yang bervariatif, dan dikembangkan oleh kontributor dari seluruh dunia. Diskusi perkembangan dari hari ke hari dilakukan di Mailing List Linux Kernel. Kernel Linux dan OS/NOS Linux sendiri telah mengalami perkembangan pesat sejak 20-an tahun pengembangannya, seperti perkembangan server, desktop, mobile, embedded systemWireless Sensor NetworkArtificial Intelligence, Intelligence Transportation SystemBig DataMachine LearningInternet of Things, maupun pada hal lainnya.

Linux itu sendiri merupakan sistem operasi dengan sumber terbuka yang dinamai berdasarkan nama penciptanya, yaitu Linus Torvalds, seorang mahasiswa berusia 21 tahun dari Universitas Helsinski, Finlandia mulai memikirkan sesuatu ide sederhana untuk suatu Sistem Operasi. Ia memulai dengan task switcher dalam Bahasa Rakitan x86 pada Intel 80386 dan sebuah driver Terminal. Kemudian banyak orang mulai ikut berkontribusi pada proyek ini. Meskipun pada versi awal fungsinya masih sangat terbatas, pengembang dan pengguna Linux berkembang cepat.

Praktik Sederhana
Praktik sederhana ini bertujuan untuk mempelajari  file-file yang membangun sistem operasi Linux pada tahap awal tahun 1991. Kernel Linux tersebut dapat diunduh pada link berikut:

Setelah mengunduh file tersebut, ekstrak hingga membentuk folder dan sub-sub folder beserta file-file (.c dan .h)

Pilih salah satu file untuk dipelajari. Untuk praktik ini, digunakan file hd.c, dimana file ini merupakan file berisi kode untuk mengendalikan hardisk interrupts serta membaca atau menulis requests pada hardisk.

Refrensi:
I Putu Agus Eka Pratama. 2018. PPT Kernel dan Kernel Linux.

0 komentar:

Posting Komentar