Minggu, 25 September 2016

Manfaat Media Sosial

Manfaat Media Sosial



Social Media / Media Sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Berikut adalah beberapa manfaat media sosial menurut Puntoadi (2011: 5) :
1.  Personal branding is not only figure, it’s for everyone. Media sosial memberikan kesempatan kepada penggunanya untuk berkomunikasi, berdiskusi, bahkan mencari popularitas. Keunggulan dalam membangun personal branding melalui sosial media adalah popularitas nyata atau tidak semu, karena yang menentukannya adalah pengamat atau pengguna sesama media sosial.

2.      Fantastic marketing result throught social media. People don’t watch TV’s anymore, they watch their mobile phones. Di masa kini, orang – orang cenderung memilih untuk mencari informasi melalui telepon genggam karena terkesan lebih cepat dan praktis, serta mampu menyangkup wilayah yang luas.

3.    Media sosial memberikan kesempatan untuk berinteraksi lebih dekat dengan konsumen. Media sosial dapat dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk berkomunikasi personal atau dua arah dengan konsumen, sehingga dapat menjalin keterikatan yang lebih dalam dengan konsumen.

4.      Media sosial memilki sifat viral. Viral menurut Danis (2011) berarti memiliki sifat seperti virus yaitu menyebar dengan cepat. Dengan media sosial, informasi yang muncul akan dapat tersebar dengan cepat karena pengguna media sosial cenderung suka berbagi satu sama lain.

Selain yang dipaparkan di atas, sosial media dalam kehidupan sehari – hari memiliki beberapa manfaat yaitu sebagai berikut.
1.         Sebagai media bersosialisasi
Sosial media memudahkan setiap individu untuk saling berkomunikasi dan bertukar pendapat, dimana secara tidak langsung akan menambah teman baru, pengalaman baru, dan bahkan bisa bertemu kembali dengan teman lama.
2.         Sebagai media hiburan
Pesatnya perkembangan sosial media dengan suguhan menarik tidak bisa dipungkiri bahwa banyak orang menjadikannya sebagai media hiburan dan bahkan menyebabkan candu.
3.         Sebagai media penyaluran hobi
Sosial media menyediakan tempat untuk orang – orang menyalurkan hobi dan kesukaannya, berbagi dengan orang lain, dan saling bertukar pengalaman.
4.         Pemberi informasi terkini
Sosial media sebagai salah satu teknologi masa kini tidak terlepas dari perannya sebagai pemberi informasi. Masyarakat kini cenderung lebih tertarik dengan berita atau informasi dalam sosial media karena dikemas dengan bentuk yang menarik.
5.         Sebagai media bisnis
Media promosi pemasaran menjadi lebih meluas. Tak hanya dilakukan secara offline, tapi kini bisa dilakukan secara online. Pelaku bisnis dapat mempromosikan barang/jasanya melalui media sosial dengan harapan, teman-teman yang ada di dunia maya tertarik.



0 komentar:

Posting Komentar