Manfaat Media Sosial
Social Media / Media Sosial adalah
sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi,
berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan
dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang
paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Berikut adalah beberapa manfaat media
sosial menurut Puntoadi (2011: 5) :
1. Personal branding is not only figure, it’s for everyone. Media sosial memberikan kesempatan
kepada penggunanya untuk berkomunikasi, berdiskusi, bahkan mencari popularitas.
Keunggulan dalam membangun personal
branding melalui sosial media adalah popularitas nyata atau tidak semu,
karena yang menentukannya adalah pengamat atau pengguna sesama media sosial.
2. Fantastic marketing result throught social media. People don’t watch TV’s
anymore, they watch their mobile phones. Di masa kini, orang – orang cenderung memilih untuk mencari
informasi melalui telepon genggam karena terkesan lebih cepat dan praktis,
serta mampu menyangkup wilayah yang luas.
3. Media sosial memberikan kesempatan
untuk berinteraksi lebih dekat dengan konsumen. Media sosial dapat dimanfaatkan
oleh pelaku bisnis untuk berkomunikasi personal atau dua arah dengan konsumen,
sehingga dapat menjalin keterikatan yang lebih dalam dengan konsumen.
4. Media sosial memilki sifat viral. Viral
menurut Danis (2011) berarti memiliki sifat seperti virus yaitu menyebar dengan
cepat. Dengan media sosial, informasi yang muncul akan dapat tersebar dengan
cepat karena pengguna media sosial cenderung suka berbagi satu sama lain.
Selain yang dipaparkan di atas,
sosial media dalam kehidupan sehari – hari memiliki beberapa manfaat yaitu
sebagai berikut.
1. Sebagai
media bersosialisasi
Sosial media
memudahkan setiap individu untuk saling berkomunikasi dan bertukar pendapat,
dimana secara tidak langsung akan menambah teman baru, pengalaman baru, dan bahkan
bisa bertemu kembali dengan teman lama.
2. Sebagai
media hiburan
Pesatnya perkembangan
sosial media dengan suguhan menarik tidak bisa dipungkiri bahwa banyak orang
menjadikannya sebagai media hiburan dan bahkan menyebabkan candu.
3. Sebagai
media penyaluran hobi
Sosial media
menyediakan tempat untuk orang – orang menyalurkan hobi dan kesukaannya,
berbagi dengan orang lain, dan saling bertukar pengalaman.
4. Pemberi
informasi terkini
Sosial media sebagai
salah satu teknologi masa kini tidak terlepas dari perannya sebagai pemberi
informasi. Masyarakat kini cenderung lebih tertarik dengan berita atau
informasi dalam sosial media karena dikemas dengan bentuk yang menarik.
5. Sebagai
media bisnis
Media promosi pemasaran
menjadi lebih meluas. Tak hanya dilakukan secara offline, tapi kini bisa
dilakukan secara online. Pelaku bisnis dapat mempromosikan barang/jasanya
melalui media sosial dengan harapan, teman-teman yang ada di dunia maya
tertarik.
0 komentar:
Posting Komentar