Kini
banyak ragam dan jenis media sosial yang bisa digunakan oleh masyarakat dunia,
termasuk di Indonesia. Berikut adalah ragam dan jenis media sosial secara garis
besarnya yang tengah populer di kalangan pengguna media sosial.
Aplikasi
Medsos Berbagi Video (Video Sharing)
Aplikasi berbagi
video tentu sangat efektif untuk menyebarkan beragam program pemerintah.
Program tersebut dapat berupa kunjungan atau pertemuan di lapangan, keterangan
pemerintah, diskusi publik tentang suatu kebijakan, serta berbagai usaha dan
perjuangan pemerintah melaksanakan program - program perdagangan. Selain itu,
tentu saja sebelum penyebaran, suatu video memerlukan tahap verifikasi sesuai
standar berlaku. Sebaliknya, pemerintah juga perlu memeriksa, membina serta
mengawasi video yang tersebar di masyarakat yang terkait dengan program
perdagangan pemerintah. Bagian penggunaan berbagi video akan diterangkan pada
bagian berikutnya.
Sejauh ini, dari
beragam aplikasi video sharing yang beredar setidaknya ada tiga program yang
perlu diperhatikan, terkait dengan jumlah user dan komunitas yang telah
diciptakan oleh mereka. Yakni YouTube, Vimeo dan DailyMotion.
Aplikasi
Medsos Mikroblog
Aplikasi
mikroblog tergolong yang paling gampang digunakan di antara program-program
media sosial lainnya. Peranti pendukungnya tak perlu repot menggunakan telepon
pintar, cukup dengan menginstal aplikasinya dan jaringan internet. Aplikasi ini
menjadi yang paling tenar di Indonesia setelah Facebook. Ada dua aplikasi yang
cukup menonjol dalam masyarakat Indonesia, yakni Twitter dan Tumblr.
Aplikasi
Medsos Berbagi Jaringan Sosial
Setidaknya ada
tiga aplikasi berbagi jaringan sosial yang menonjol dan banyak penggunanya di
Indonesia, khususnya untuk tipe ini. Yakni Facebook, Google Plus serta Path.
Masing-masing memang memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Namun pada
umumnya, banyak pakar medsos menganjurkan agar tidak menggunakan aplikasi
berbagi aktivitas sosial ini jika menyangkut urusan pekerjaan atau hal-hal yang
terkait profesi (pekerjaan). Aplikasi ini menurut mereka lebih tepat digunakan
untuk urusan yang lebih bersifat santai dan pribadi, keluarga, teman, sanak
saudara, kumpul-kumpul hingga arisan.
Namun karena
penggunaannya yang luas, banyak organisasi dan bahkan lembaga pemerintah
membuat akun aplikasi ini untuk melancarkan program, misi dan visinya. Walau
begitu, agar lebih kenal dengan segmentasi penguna dan karakter aplikasi ini,
maka penerapan bahasa dan tampilan konten yang akan disebarkan juga harus lebih
santai, akrab, disertai contoh kejadian lapangan. Lebih baik lagi jika disertai
dengan foto atau infografis.
Aplikasi
Berbagi Jaringan Profesional
Para pengguna
aplikasi berbagi jaringan profesional umumnya terdiri atas kalangan akademi,
mahasiswa, para peneliti, pegawai pemerintah dan pengamat. Dengan kata lain,
mereka adalah kalangan kelas menengah Indonesia yang sangat berpengaruh dalam
pembentukan opini masyarakat. Sebab itu, jenis aplikasi ini sangat cocok untuk
mempopulerkan dan menyebarkan misi perdagangan yang banyak memerlukan telaah
materi serta hal-hal yang memerlukan perincian data. Juga efektif untuk
menyebarkan dan mensosialisasikan perundangundangan atau peraturan-peraturan
lainnya. Sejumlah aplikasi jaringan profesional yang cukup populer di Indonesia
antara lain LinkedIn, Scribd dan Slideshare.
Aplikasi
Berbagi Foto
Aplikasi
jaringan berbagi foto sangat populer bagi masyarakat Indonesia. Sesuai karakternya,
aplikasi ini lebih banyak menyebarkan materi komunikasi sosial yang lebih
santai, tidak serius, kadang-kadang banyak mengandung unsur-unsur aneh,
eksotik, lucu, bahkan menyeramkan. Sebab itulah, penyebaran program pemerintah
juga efektif dilakukan lewat aplikasi ini. Tentu saja, materi yang disebarkan
juga harus menyesuaikan karakter aplikasi ini. Materi itu dapat berupa
kunjungan misi perdagangan ke daerah yang unik, eksotik, pasar atau komunitas
perdagangan tertentu. Beberapa aplikasi yang cukup populer di Indonesia antara
lain Pinterest, Picasa, Flickr dan Instagram.
0 komentar:
Posting Komentar