Selasa, 20 Februari 2018

Pertemuan I: Sistem Operasi (Operating System)


Nama               : Ida Ayu Shinta Dewi Paramitha
NIM                 : 1605551003
Dosen               : I Putu Agus Eka Pratama ST., MT.
Mata Kuliah     : Network Operating System
Kampus            : Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana.

Pertemuan pertama kali ini membahas mengenai sistem operasi (operating system) secara umum, peranannya, dan bagaimana hubungan sistem operasi dengan management resource atau manajemen sumber daya.

chillelife.com/operating-system/

Sistem operasi atau Operating System (OS) terdiri dari dua kata, yaitu: sistem dan operasi. Sistem dapat diartikan sebagai suatu kesatuan yang terdiri dari komponen atau elemen yang saling bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan atau sasaran. Dan operasi merupakan suatu tindakan yang memiliki prosedur tertentu, dimana setiap operasi membutuhkan suatu input untuk menghasilkan output.

William Stalling dalam bukunya mendefiniskan sistem operasi sebagai program komputer (software) utama yang bertindak sebagai penghubung dan tatap muka (interface) antara hardware dengan software lainnya, yang sekaligus mengontrol eksekusi program/software/aplikasi.

Peran Sistem Operasi
Sistem operasi memiliki peran untuk memudahkan suatu pekerjaan, terutama untuk pengguna komputer, baik untuk pengembangan, pengujian, ataupun perbaikan aplikasi dan layanan. Ada beberapa peranan sistem operasi lainnya, antara lain sebagai berikut.
1.               Membantu pengembangan software (IDE, debugger, editor).
2.               Eksekusi program (executable, install)
3.               Akses ke I/O Device
4.               Kontrol akses ke file dan data (privillege)
5.               Akses ke sistem (root, user)
6.               Deteksi error dan penanganannya
7.               Menghitung statistik penggunaan resource komputasi
8.               Manajemen instruksi melalui bahasa mesin (software) dan hardware
9.               Penanganan data binari
10.            Penyediaan API (Application Programming Interface) untuk pengembangan software.

Struktur Software dan Hardware pada Komputer
Seperti yang diketahui bahwa sistem operasi berguna sebagai penghubung antara hardware dan software yang ada pada komputer. Hardware tidak ada artinya tanpa sistem operasi, sama halnya dengan software tidak dapat digunakan oleh hardware tanpa sistem operasi. Berikut ini adalah struktur dari hardware dan software pada komputer.

Ketika ada intruksi yang dimasukan atau diinput, maka sistem operasi akan bekerja dan menyampaikan intruksi tersebut untuk dieksekusi. Misalnya pada saat pengguna komputer akan mengunduh suatu aplikasi, sistem operasi akan menghubungi memori terlebih dahulu untuk mengetahui apakah memori tersedia atau tidak. Jadi dengan adanya sistem operasi, software dan hardware dapat saling terhubung.

Hubungan Sistem Operasi dengan Manajemen Resource
Hubungan sistem operasi dengan manajemen resource atau manajemen sumber daya, terutama perannya pada akses I/O device, dapat dilihat pada gambar berikut.

Dengan sistem operasi, input dari I/O devices akan dikontrol oleh I/O controller yang kemudian intruksi tersebut akan diteruskan ke processor sehingga program dapat dieksekusi dan menghasilkan suatu output dengan waktu eksekusi (time execution) tertentu dan dengan penjadwalan dari setiap aplikasi atau program yang sedang dijalankan.

0 komentar:

Posting Komentar